Usaha Hancur Pascabencana, Pulihkan Ekonomi Warga Terdampak Erupsi Semeru

Akibat Erupsi Semeru, ribuan warga di kaki gunung tertinggi Pulau Jawa tersebut kini kehilangan sumber nafkahnya. Pertanian, peternakan, maupun UMKM terdampak parah bencana ini. Ayo kuatkan mereka dengan sedekah modal usaha!

Simpan

Usaha Hancur Pascabencana, Pulihkan Ekonomi Warga Terdampak Erupsi Semeru

Target

0 0

0%
0 33 hari tersisa

Usaha Hancur Pascabencana, Pulihkan Ekonomi Warga Terdampak Erupsi Semeru

Update : 16 Dec, 2021


Erupsi Semeru bukan hanya meninggalkan trauma mendalam untuk saat ini. Tapi juga menyisakan kekhawatiran bagi warga di masa depan. Bagaimana mereka melanjutkan kehidupan ketika tak ada lagi modal usaha yang tersisa?

Para peternak kehilangan ternaknya. Tak tanggung-tanggung, data sementara dari Dinas Pertanian Kabupaten Lumajang mencatat, erupsi Gunung Semeru menyebabkan 138 ekor kambing dan 23 ekor sapi mati. Bahkan saat kabar ini ditulis masih ada beberapa hewan ternak yang belum sempat dievakuasi dari radius berbahaya. Padahal, sektor peternakan jadi tumpuan utama warga kaki Gunung Semeru.





Tak hanya ternak, lahan pertanian dan perkebunan pun musnah tertimbun abu vulkanik, tersapu lahar dingin. Sungguh pilu menyaksikan kawasan perkebunan warga yang ditanami cabai dan sawi yang telah siap panen, seketika rusak tak terselamatkan. Para petani pun hanya bisa terduduk lesu, menyaksikan buah kerja keras mereka berhari-hari akhirnya gagal panen.



Selain peternakan dan pertanian, sektor UMKM di kawasan Gunung Semeru pun kini mati total. Kebutuhan berdagang warga rusak parah, sebut saja gerobak dan kios kecil-kecilan mereka. Entah bagaimana mereka kembali memulai usaha, tanpa adanya dukungan dari saudara sebangsa.



Untuk itu, ACT Pasuruan insyaAllah berkomitmen menghadirkan sedekah modal usaha untuk para warga yang usahanya dilibas habis oleh erupsi Gunung Semeru. Tentunya, kami mengajakmu ikut serta dalam aksi kepedulian ini, karena misi besar hanya bisa terlaksana jika berbagai elemen bangsa bahu membahu mewujudkannya. Mau kan, Sahabat membantu warga kaki gunung Semeru kembali pulih pascabencana?

Bismillah, mari kirimkan sedekah modal terbaikmu melalui laman aksi ini!

Salurkan Sedekah terbaik Sahabat Dermawan dengan cara:

1. Klik 'Sedekah Sekarang'
2. Masukan nominal Sedekah
3. Pilih Bank Transfer BNI Syariah/Mandiri/BCA/BNI/BRI, Gopay, OVO atau Kartu Kredit
4. Klik 'Sedekah'
5. Dapatkan laporan via email

Silahkan untuk share juga halaman ini agar lebih banyak doa dan sedekah yang terkumpul.

Tidak ada hasil ditemukan
Tidak ada hasil ditemukan
Sedekah Sekarang