Dukung Program Edukasi Bencana untuk Masyarakat Indonesia

Indonesia Darurat Siaga Bencana! Mari bantu ACT untuk edukasi masyarakat tentang kebencanaan dengan sedekah terbaikmu!

Simpan

Dukung Program Edukasi Bencana untuk Masyarakat Indonesia

Target

0 0

0%
0

Dukung Program Edukasi Bencana untuk Masyarakat Indonesia


INDONESIA DARURAT SIAGA BENCANA!

Indonesia merupakan negara yang rawan bencana, baik bencana alam, non alam maupun bencana sosial. Posisi Indonesia yang berada di Cincin Api Pasifik memang mendatangkan risiko bencana alam yang tak dapat terelakkan. Tidak ada satu kota pun di negara ini yang bebas dari ancaman bencana yang begitu beragam mulai dari gempa bumi, banjir, angin puting beliung, longsor, gunung meletus, kekeringan, tsunami (akibat gempa, gunung meletus, longsorang bawah laut), likuefaksi hingga bencana sosial seperti kerusuhan serta bencana non alam seperti wabah. Kondisi tersebut tentu menjadi masalah yang menimbulkan kekhawatiran.

e946e3c4e46446e19370c9a5fa680d8d.jpg
Foto: Denniz Futalan di Pexels.

Bencana alam yang terjadi secara alamiah jelas tak dapat dilawan, sebab bencana tersebut merupakan fenomena alam yang merupakan bagian dari bukti eksistensi Sang Pencipta. Tapi benarkah Indonesia tidak dapat melakukan apapun untuk mengurangi dampak dan kerugian dari bencana? Tentu bisa, dimulai dari diri sendiri, keluarga, lingkar pertemanan, kerabat, dan kolega.

bdb43c6cb17619a0eb7a8da86ca2971f.jpg
Gambar: Bencana di awal tahun 2021

Awal tahun 2021, bencana silih berganti menghampiri tanah air kita. Total bencana yang terjadi dari januari sampai 14 April 2021 yaitu sebanyak 1.118 bencana, jumlah tersebut tentu bukan jumlah yang sedikit.

Mari kita sejenak belajar dari Jepang.
3fc9c6eb68e872cfc9c4ab848e504fb8.png

Ini adalah poin penting yang mesti kamu ketahui! Berdasarkan survey yang dilakukan pasca bencana gempa Great Hanshin Awaji di Jepang tahun 1995, orang-orang yang (dengan izin Allah) berhasil selamat disebabkan oleh:

34.9% Kesiapsiagaan Diri Sendiri (Everyone is a life saver),
31,9% Dukungan Keluarga,
28,1% Dukungan Teman/Tetangga,
2,60% Orang Lewat,
1,70% Regu Penolong,
0,90% lain-lain.

Hal tersebut dapat disimpulkan bahwa pentingnya kesiapsiagaan bencana pada diri sendiri dan keluarga serta teman atau tetangga. Oleh karena itu, sebagai masyarakat yang berada didaerah rawan bencana, kita harus memiliki kapasitas tersebut melalui program-program edukasi bencana.

62cd10ece04a72a0191f22574bb94f63.jpg

Disasters Management Institute of Indonesia (DMII) - ACT ingin membawa misi pemerataan edukasi kebencanaan bagi seluruh masyarakat Indonesia tanpa terkecuali. Berangkat dari misi itulah, kami mengajak semua elemen masyarakat untuk ikut berkontribusi dalam program Pengurangan Risiko Bencana melalui donasi pada laman ini.

Selanjutnya, DMII - ACT akan terus berupaya mengambil langkah-langkah inovatif demi terciptanya masyarakat yang tangguh dan siap hadapi bencana melalui program-program edukasi bencana untuk melatih masyarakat agar memiliki mentalitas yang matang, serta keterampilan yang teruji dan dapat dipertanggungjawabkan. Untuk Indonesia yang Siap Siaga Bencana.

Mari bersedekah untuk dukung program edukasi kebencanaan ini! Silahkan untuk share juga halaman ini agar lebih banyak doa dan sedekah yang terkumpul untuk mengedukasi masyarakat Indonesia terkait kesiapsiagaan bencana.

Salurkan Sedekah terbaik Sahabat Dermawan dengan cara:

1. Klik 'Sedekah Sekarang'
2. Masukan nominal Sedekah
3. Pilih Bank Transfer BNI Syariah/Mandiri/BCA/BNI/BRI, Gopay, OVO atau Kartu Kredit
4. Klik 'Sedekah'
5. Dapatkan laporan via email

Silahkan untuk share juga halaman ini agar lebih banyak doa dan sedekah yang terkumpul.

Tidak ada hasil ditemukan
Tidak ada hasil ditemukan
Sedekah Sekarang